Irma Nuarti: 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Pages

Senin, 08 November 2010

0

10 Hari Pertama Dzulhijjah

Bismillaahirrahmaanirrahiim.



Assalamu'alaikum wr.wb.





Bapak, Ibu, Saudara, saudari yang dirahmati ALLAH,





10 hari pertama Dzulhijjah adalah salah satu hari yang paling megah dalam kalender Islam > November 8-17, 2010.



Nabi Muhammad Saw bersabda : "Tidak ada hari di mana amal saleh lebih dicintai Allah dari 10 hari ini ". (HR.Bukhari)



Nabi Muhammad Saw bersabda : "Satu hari berpuasa selama hari-hari ini adalah sama dengan berpuasa satu tahun lengkap, dan penyembahan terhadap satu malam selama periode ini adalah sama dengan penyembahan" Lailatul-Qadr “. (HR. Tirmidzi)



* Setiap muslim harus mengambil manfaat dari kesempatan ini indah dengan melakukan sebanyak-banyaknya dia mampu ibadah selama periode ini.



* HARI ke 9 Dzulhijjah (16'Nov'2010) > Hari ke 9 Dzulhijjah disebut Yowmul-Arafah (Hari Arafah). Ini adalah tanggal ketika Hujjaj (Haji peziarah, jamak dari Haji) berkumpul di dataran Arafah, enam mil jauhnya dari Makkah al-Mukkarramah, di mana mereka melakukan bagian yang paling penting dari tugas yang ditentukan dari haji, yaitu membuat Taubah ( bertobat) di Wuqoof Arafat haji.



* PUASA ARAFAH



* Untuk tidak melakukan itu, itu adalah Mustahab (diinginkan) untuk berpuasa pada hari ini menurut kalender mereka. Kadang-kadang terjadi bahwa 9 Dzulhijjah jatuh pada hari yang berbeda di negara yang berbeda sesuai dengan penampakan bulan. Dalam kasus tersebut, umat Islam masing-masing negara harus memperhatikan Yowmul Arafah menurut tanggal lunar dari negara mereka sendiri.



* Puasa Arafah telah ditekankan oleh Nabi Muhammad Saw, sebagai tindakan (diinginkan) Mustahab. Menurut sebuah hadist, puasa di hari ini menjadi penyebab pengampunan untuk dosa-dosa di masa lalu & yang akan datang. (HR.Muslim)



* Takbir di hari tasriq (11-13 Dzulhijjah 1431 H = 18-20'Nov'2010)



Awal dari subuh dari 9 Dzulhijjah sampai dengan Ashar 13 Dzulhijjah, wajib setiap laki-laki muslim untuk membaca takbir setelah setiap shalat Fardhu (berjamaah atau sendirian) dalam kata-kata berikut : Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaaha illallah huwal Allahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahil Hamd (Tidak ada tuhan selain Allah dan Allah adalah yang terbesar, Allah adalah yang terbesar dan kepada Allah milik segala puji). Laki-laki Muslim harus membacanya dengan suara keras, sementara perempuan harus membacanya dengan suara rendah.



Semoga ALLAH menerima, membalas, & memberkahi amal, ibadah, & puasa kita.



Aamiin Ya Rabbal 'Aalamiin.





Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar